Sabtu, 30 Januari 2010

jenis kambing dan domba

1.DOMBA GARUT
profil menurut sejarah domba ini merupakan silangan domba indonesia,domba merino & domba afrika.yg dibawa pd masa penjajahan belanda,domba garut sngt populer di jawa barat untuk seni adu ketangkasan khususnya domba garut jantan.rumput adalah makanan utama domba ini,untuk pedaging domba ini bs mencapai bobot 80kg(hidup).kulit domba ini jg sangat bagus untuk bahan jaket / lain2,domba jenis unggul harganya bs mencapai jutaan rupiah.


2.KAMBING BOER

kambing ini merupakan jenis pedaging asal afrika selatan,skr si indonesia sdh mulai banyak yg mengembangkan kambing ini berat dewasa bs mencapai bobot hidup 150kg







3.KAMBING ALPIN
berasal dr gunung alpen ini merupakan jenis kambing perah yg banyak menyebar di wil daratan eropa,berat jantan bs mencapai 90kg dan betina 60kg.di indo msh jarang ditemui jenis ini.






4.DOMBA MERINO
hewan penghasil daging dan woll banyak terdapat di australia,konon katanya berasal dr spanyol.di indonesia jg sdh banyak yg mulai membudidayakan jenis ini.





5.KAMBING SANEN
jenis perah yg berasal dari swiss produksi susu bs mencapai 750 per 250 hari masa laktasi,kepekaanya trhadap matahari membuat kambing ini sulit beradaptasi di wil tropis,dijawa barat banyak yg dibudidayakan jenis ini.



6.KAMBING JAMNAPARI
kambing asal india ini merupakan jenis perah dan pedaging,produksi susu sangat tinggi bs mencapai 240 liter per masa laktasi 250 hari






7.KAMBING ANGGORA
berasal dari distrik angora skitaran asia kecil,penghasil bulu/rambut yg biasa disebut mohair,banyak yg dibawa ke wil eropa bobot kambing ini bs mencapai 180-225 pounds.




8.KAMBING KACANG
asli indonesia/yg biasa di sebut kambing lokal berukuran kecil dan pendek telinga koploh,banyak skali dijumpai di indonesia kbanyakan buat pedaging untuk korban dan aqiqah.


9.KAMBING GUNUNG
termasuk jenis keluarga antelop,seperti halnya kijang dan rusa.banyak dijumpai di wil alaska kambing ini lumayan tinggi bs mencapai 1 meter,memiliki tanduk yg unik,jenggot khas bulu tebal cocok hidup di wil dingin dan bersalju.





10.KAMBING ETAWAH
persilangan kambing jamnapari dr india dg kambing lokal indonesia yg dibawa pd masa penjajahan di wil purworejo jateng ciri kambing ini bila jantan tinggi besar saat dewasa,susu kambing ini sangat berkhasiat sekali untuk penyakit asma,di indonesia lg marak skali membudidayakan etawa ini.



11.KAMBING TOGGENBURG
berasal dr wil toggenburg valley sebuahwilayah di sebelah timur laut Swiss. Kambing ini banyak diimpor ke Amerika Serikat dan Inggris, dengan ciri fisik antara lain telinga tegak dan mengarah ke depan, hidung agak cembung, warna bulu merah tua atau coklat dengan bercak putih di bebarapa bagian tubuh (seperti telinga dan bagian atas mata). Berat badan kambing jantan mencapai 80 kg dan betinanya mencapai 60 kg. Paling menojol dari kambing toggenburg adalah kehalusan kulit dan bulunya. Produksi susunya mencapai 600 kg dalam 267 hari masa laktasi.


12.KAMBING BEETAL
Kambing Beetal ini banyak dikembangkan di Punjab(India), Rawalpindi, dan Lahore. Diduga, kambing etawa dan kambing lokal, karena ciri fisiknya sangat menyerupai kambing Etawa. Produksi susunya mencapai 190 kg dalam 180hari masa laktasi.


13.KAMBING ANGLO-NUBIAN
Kambing anglo-nubbian berasal dari wilayah Nubia di sebelah timur laut Afrika. Sekarang ini juga banyak di pelihara di Mesir, Afrika Selatan, dan Abbesina. Ciri fisik kambing ini diantaranya telinga menggantung dan ambing besar dengan warna bulu hitam, merah, coklat, putih, atau kombinasi warna warna tersebut. Berat badankambing anglo-nubian jantan mencapai 90 kg dan betinanya mencapai 70 kg. Produksi susu dalam 237 hari masa laktasi sekitar 700kg.










































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar